Ternyata Mudah, Begini Cara Mengedit Foto di Laptop Tanpa Aplikasi


2 min read

Ternyata Mudah, Begini Cara Mengedit Foto di Laptop Tanpa Aplikasi

AKTIVASI.ID – Cara mengedit foto di laptop tanpa aplikasi nyatanya dapat memudahkan aktivitas kamu, bahkan dengan cara yang lebih mudah. Dengan begitu, Anda dapat mengubah ukuran foto, saturasi, kontras, sampai menambahkan font ke dalamnya. Bagaimana cara mudahnya? Berikut adalah informasi lengkapnya.

Mengapa Harus Mengikuti Cara Mengedit Foto di Laptop Tanpa Aplikasi?

Kegiatan lain yang harus dikerjakan oleh seorang fotografer adalah mengedit, selain memotret. Ada yang mengedit melalui PC, tetapi ada pula yang melakukannya di komputer. Bagi sebagian orang, mengedit di laptop tentunya sangat menguntungkan karena bisa dilakukan di mana saja, tetapi sebagian yang lain tidak bisa melakukannya karena kemampuan dari perangkatnya sendiri.

Cara mengedit foto di laptop tanpa aplikasi memang memudahkan karena hasilnya akan menjadi lebih cepat dan dapat dilakukan di mana saja. Meski hanya laptop dengan spek tinggi untuk mengedit foto dengan lancar tanpa kendala, Anda tetap bisa melakukan solusi terbaik lainnya.

Mengedit video dengan hal-hal sederhana saja nyatanya dapat dilakukan tanpa aplikasi, seperti cropping, mengatur kontras, dan juga saturasi. Kegiatan tersebut juga mampu dilangsungkan dari rumah, cafe, kantor, bahkan tempat nongkrong.

Langkah-Langkah untuk Cara Mengedit Foto di Laptop Tanpa Aplikasi

Jika tidak ingin menginstal aplikasi karena spek laptop yang tidak mendukung, Anda dapat mengakses situsnya saja melalui browser. Bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Membuat Akun
Membuat Akun
Membuat Akun

Jika ingin menggunakan Canva, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir karena caranya tergolong sangat mudah. Setelah berhasil mengunjungi situsnya, Anda bisa menekan tombol sign up di sebelah kiri atau pojok kanan layar atas.

Anda bebas mendaftar, baik itu menggunakan akun Google, alamat Email, dan juga Facebook. Setelah melakukannya, akun Canva sudah siap untuk dipakai dalam mendapatkan banyak template dan fitur-fitur menarik.

  1. Buat Desain Pertama

Setelah akun Canva berhasil dibuat, Anda akan dibawa menuju halaman pertama aplikasi. Jika Anda ingin membuat desain pertama, langsung pilih opsi create a design, kemudian pilih jenis konten visual yang ingin dibuat dan sesuaikan dengan kebutuhan agar benar-benar bermanfaat.

Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah banner sebagai featured image artikel blog. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan tampilan dan kebutuhan supaya menjadi lebih selaras.

  1. Pilih Background
Pilih Background
Pilih Background

Setelah memilih jenis konten apa yang ingin dibuat, Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman editor Canva. Anda dapat merancang sebuah desain dengan lebih mudah asalkan sudah ada perlengkapan template.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentunya memilih background. Sebetulnya, ada dua menu yang bisa dipilih saat menentukan latar belakang untuk desain layaknya background maupun photos.

Tidak masalah dengan menu mana yang akan Anda pilih sebab perbedaannya hanya ada pada opsi yang diberikan. Misalnya, pada menu Photos, Anda bisa menemukan berbagai foto dengan gaya dan model berbeda-beda.

Tidak semua foto memiliki orientasi yang sama karena beberapa di antaranya adalah vertikal, sehingga yang lainnya horizontal. Sementara itu, menu background menyuguhkan berbagai gradien warna dan gambar yang lebih minimalis dengan bentuk horizontal.

  1. Mengedit Background
Mengedit Background
Mengedit Background

Jika ingin melihat fitur editing yang dimiliki oleh Canva, Anda bisa memilih foto untuk dijadikan sebagai latar belakang. Misalnya, ukuran foto menjadi lebih kecil dari bidang yang ada.

Karena itulah, sangat penting untuk menyesuaikan foto dengan bidang yang ada. Anda dapat melakukannya dengan melakukan klik pada salah satu dari keempat foto, kemudian menariknya.

Mengedit background memang diperlukan untuk membuat teks yang ditambahkan menjadi lebih mudah untuk dibaca. Gambar yang dipilih misalnya, sehingga bisa dibilang terlalu terang untuk dijadikan sebagai background.

Dalam pengeditannya, Anda bisa melakukan klik pada tulisan adjust. Menu tersebut berisi beberapa slide yang dapat digeser ke kiri maupun ke kanan, sehingga dapat memenuhi pengeditan yang Anda butuhkan.

Sebagai contoh, Anda ingin mengurangi brightness, saturasi, dan kontras pada foto, perubahan yang dibuat dapat berhasil. Desain dapat dibatalkan dengan memilih tombol undo yang digambarkan dengan anak panah ke kiri.

  1. Menambahkan Teks

Anda bisa memilih menu teks dan memilih dari berbagai template yang disediakan. Namun, Anda juga bisa memasukkan teks secara manual dengan melakukan klik untuk variasi tulisan dan ubah ukuran, warna, dan gaya dari teks yang ingin dikustomisasi.

  1. Memindahkan Letak

Tidak hanya mengubah tulisan, Anda juga bisa mengubah letaknya. Anda hanya perlu melakukan klik pada garis luar kotak teks dan menggesernya ke bidang yang diinginkan.

  1. Mengunduh dan Membagikan Desain

Karena Canva sudah memiliki fitur auto save, karya Anda dapat tersimpan dengan mudah ke folder penyimpanan. Setelah mengunduh desain, Anda bisa membagikannya ke platform lain, seperti website media sosial dan mengirimnya ke tools penyimpanan online layaknya Dropbox dan juga Google Drive.

Klik tombol download untuk mengunduhnya yang terletak di pojok kanan atas. Anda juga bisa melakukan klik ke anak panah bawah untuk memunculkan opsi lainnya. Anda bisa memilih tips file yang ingin diunduh, seperti JPG, PDF, dan juga PNG.

Praktekkan Cara Mengedit Foto Di Laptop Tanpa Aplikasi Segera

Cara mengedit foto di laptop tanpa aplikasi memang sangat mudah, bukan? Canva merupakan platform yang tepat untuk melakukan edit video karena fiturnya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan sederhana. Tidak hanya melakukan cara mengedit foto di laptop tanpa aplikasi, Anda juga bisa membuat logo, poster, infografik, dan juga konten media sosial.