Informasi Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

3 min read

Informasi Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

AKTIVASI.ID – Kode aktivasi kartu kredit BCA sangat diperlukan, agar kartu kredit bisa digunakan sebagaimana mestinya. Pasalnya, tanpa melalui unsur aktivasi kode, maka kartu ini tidak dapat difungsikan. Sangat disayangkan bukan apabila memiliki kartu kredit, tetapi tidak bisa digunakan?

Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA Sangat Diperlukan

Alasan utama adanya kode aktivasi kartu kredit BCA adalah kebijakan Bank Indonesia mengenai kewajiban pemakaian PIN untuk setiap transaksi kartu kredit, yang berlaku sejak 1 Juli 2020. Jadi, setiap bank yang secara resmi telah memiliki izin untuk menerbitkan kartu kredit harus melakukan pembaruan prosedur ini.

Aktivasi PIN Kartu Kredit, Termasuk Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

Aktivasi PIN Kartu Kredit, Termasuk Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

Pengadaan konsep kartu kredit dengan PIN tidak semata-mata diluncurkan tanpa manfaat. Ada beberapa aspek yang melatarbelakangi pemberlakuan aturan ini.

Pertama, didorong karena kebiasaan kasir dalam perdagangan yang tidak melakukan validasi dengan baik terhadap tanda tangan dari pemegang kartu kredit. Hal ini mengakibatkan tanda tangan tidak terverifikasi dengan jelas, sehingga rawan terjadi peretasan.

Kedua, dengan adanya PIN, maka keamanan meningkat. Yang mulanya kartu kredit bisa digunakan cukup melalui pemberian tanda tangan, sekarang harus memasukkan PIN terlebih dahulu.

Sebelum adanya PIN, maka hilangnya kartu kredit akan berakibat fatal. Kartu tersebut dapat disalahgunakan dengan mudah. Keberadaan PIN meminimalisir terjadinya penyalahgunaan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Sebab, PIN yang terpakai hanya diketahui oleh pemilik asli (cardholder).

Manfaat Berlakunya Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

Setelah kartu kredit BCA berhasil diaktivasi, keamanan dari kartu tersebut menjadi lebih kuat. Berikut perbedaan kartu kredit sebelum dan sesudah aktivasi:

Sebelum Aktivasi PIN Sesudah Aktivasi PIN
Kurang aman, karena tanda tangan bisa ditiru siapa saja. Lebih aman, sebab PIN hanya diketahui oleh pemilik asli.
Tidak bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri. Kartu dapat dipakai untuk transaksi yang dilakukan di luar negeri.
Ketika kartu hilang, resiko yang akan muncul besar, berupa disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kehilangan kartu mengurangi kecemasan, mereduksi kemungkinan penyalahgunaan.

BCA Sebagai Penerbit Resmi Kartu Kredit

Berdasarkan data yang telah dipublikasikan oleh Bank Indonesia melalui laman web https://www.bi.go.id, terdapat 34 bank yang secara sah telah mendapatkan izin untuk menerbitkan kartu kredit. PT Bank Central Asia Tbk menjadi salah satu bank yang mendapatkan izin tersebut. Karena itu, sebagai penerbit kartu kredit, BCA pun harus menerapkan aktivasi PIN untuk kartu kredit BCA kepada para nasabah pemilik kartu kredit.

BCA telah melakukan himbauan kepada para nasabah, khususnya pemilik kartu kredit BCA untuk segera melakukan aktivasi PIN kartu kredit. Apabila dalam jangka waktu tertentu nasabah yang bersangkutan tidak melakukan aktivasi, maka kartu kredit yang dimiliki menjadi tidak berlaku atau tidak bisa digunakan untuk transaksi. Semua merchant akan menolak secara tegas kartu kredit yang masih menggunakan tanda tangan sebagai komponen verifikasi.

Ketentuan PIN Sebagai Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

Ketentuan PIN Sebagai Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA
Ketentuan PIN Sebagai Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

Personal Identification Number atau disingkat PIN, harus berisi enam digit nomor, tidak boleh lebih maupun kurang. Anda bisa mengombinasikan nomor yang ada. Sebaiknya, jangan gunakan PIN berupa tanggal lahir, bulan lahir, maupun tahun lahir, karena mudah diretas. Alangkah lebih baik dengan menggunakan kombinasi angka yang sulit ditebak. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat metode keamanan dari kartu kredit Anda.

Tahapan Menerapkan Kode Aktivasi Kartu Kredit BCA

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktivasi kartu kredit BCA dengan PIN. Anda hanya perlu memilih langkah-langkah yang paling mudah untuk dilakukan. Yang terpenting, jangan sampai tidak melakukan aktivasi ya. Mengenai tahapan aktivasinya, berikut akan diuraikan secara lengkap:

1. Menggunakan M-Banking (BCA Mobile)

Bagi Anda yang telah terdaftar dalam BCA Mobile, bisa menggunakan cara ini. Tahapan di dalamnya dinilai paling efektif untuk dilakukan. Sebab aktivasi dapat dilakukan tanpa perlu keluar rumah untuk menuju kantor BCA terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan M-Banking (BCA Mobile)
Menggunakan M-Banking (BCA Mobile)
  • Buka aplikasi BCA Mobile yang telah terunduh dalam gadget Anda.
  • Pilih menu m-Admin, lalu klik fitur aktivasi kartu kredit.
  • Setelah itu, Anda harus menekan opsi ‘buat PIN’.
  • Kemudian, tentukan kartu kredit apa yang akan diaktivasi dengan PIN dan tuliskan PIN buatan Anda.
  • Tidak perlu berlama-lama, PIN sudah aktif menjadi kode keamanan kartu kredit BCA.

2. Melalui Situs Resmi BCA

Selain menggunakan aplikasi, aktivasi kartu kredit BCA juga dapat dilakukan melalui laman milik BCA di https://www.bca.co.id/creditcard.

Melalui Situs Resmi BCA
Melalui Situs Resmi BCA
  • Pertama, Anda harus mengisi formulir yang disediakan dengan benar.
  • Lalu, pastikan kartu kredit mana yang akan di aktivasi.
  • Anda akan menerima SMS berupa kode otentikasi sebagai penanda bahwa yang melakukan aktivasi memang pemilik asli. Masukkan kode tersebut dalam kolom yang tersedia.
  • Kemudian, buat 6 digit PIN baru dan tuliskan.
  • Apabila PIN telah aktif, maka Anda akan menerima notifikasi tanda aktivasi berhasil.

3. Memanfaatkan ATM BCA

ATM BCA juga bisa digunakan untuk melakukan aktivasi kode kartu kredit BCA. Sama seperti melalui website, dalam aktivasi melalui ATM BCA, Anda pun harus memasukkan kode otentikasi yang dikirimkan melalui ATM. Sebelumnya, pilih menu ‘aktivasi PIN’ yang ada dalam ATM BCA. Setelah itu, input 6 digit kode otentikasi. Lalu, ketik 6 digit PIN baru Anda. Akan ada sms notifikasi jika PIN yang dibuat telah aktif.

Oleh karena itu, jangan sampai Anda tidak melakukan aktivasi PIN kartu kredit BCA ya. Banyak keuntungan yang akan didapatkan setelah metode aktivasi PIN berhasil dilakukan. Selain itu, juga akan ada kerugian yang timbul apabila Anda tidak melakukan aktivasi PIN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *