Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Saat Baru Beli Smartphone

2 min read

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Saat Baru Beli Smartphone

AKTIVASI.ID – Cara menghapus aplikasi bawaan dimaksudkan agar Anda bisa memformat keberadaan aplikasi bawaan yang ada dalam perangkat Anda. Mungkin Anda berpikir bahwa aplikasi bawaan itu sifatnya tetap, tidak bisa dihapus. Pemikiran seperti ini tidaklah benar, sebab keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut bisa dihilangkan melalui cara menghapus aplikasi bawaan.

Mengapa Disebut Aplikasi Bawaan?

Mengapa Disebut Aplikasi Bawaan?

Dalam bahasa Inggris, aplikasi bawaan disebut sebagai bloatware. Disebut sebagai aplikasi bawaan karena keberadaannya sudah terpasang sejak Anda membeli perangkat elektronik, seperti smartphone dan laptop. Ketika membuka perangkat tersebut pertama kali setelah membelinya dalam kondisi baru, Anda pasti menemui beberapa aplikasi yang sudah ada, walaupun Anda tidak melakukan pemasangan sebelumnya.

Terdapat perbedaan aplikasi yang termasuk bawaan pada smartphone dan laptop. Bahkan, biasanya pun tergantung brand. Setiap brand, biasanya memiliki aplikasi bawaan tersendiri. Sebab, pihak yang menginstall software bawaan pada perangkat adalah pabrik yang memproduksi. Namun, secara umum adalah sama, baik dalam gadget maupun pc.

Keberadaan aplikasi bawaan cenderung memudahkan penggunanya. Dalam android, aplikasi bawaan yang bisa ditemui seperti phone, call setting, contact, email, browser, serta toko aplikasi. Akan tetapi, terkadang ada beberapa aplikasi bawaan kurang penting yang justru membuat daya baterai lebih cepat habis, memakan banyak kuota data, juga melambatkan kinerja ponsel meskipun Anda tidak membuka aplikasi yang bersangkutan.

Jika ditemui kondisi sebagaimana yang telah disebutkan itu, sebaiknya Anda menghilangkan aplikasi bawaan tersebut. Untuk melakukannya, tentu Anda harus mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan. Dengan demikian, Anda tidak akan kebingungan untuk menghapus aplikasi bawaan yang dinilai merugikan. Selain itu, aplikasi bawaan yang kurang penting juga hanya akan menghabiskan ruang penyimpanan, sehingga harus ditiadakan.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Di bawah ini akan diuraikan cara menghapus aplikasi bawaan pada android. Ada dua versi terkait bagaimana langkah-langkah menghilangkan bloatware ini. Berikut uraiannya:

Menggunakan Pengaturan Aplikasi Pada Android

Cara yang satu ini boleh dibilang merupakan metode yang paling mudah untuk ditempuh. Pasalnya, Anda tidak memerlukan software khusus untuk menghilangkan keberadaan aplikasi bawaan yang telah terpasang. Hanya perlu membuka pengaturan terkait aplikasi yang tersedia, bloatware bisa terhapus. Secara rinci, berikut penjelasannya dari tahap satu ke tahap lain:

  • Pertama, buka menu pengaturan yang terdapat dalam ponsel Anda.
  • Kemudian, sebelum melakukan penghapusan bloatware, sebaiknya lihat terlebih dahulu apa saja aplikasi bawaan yang ada pada perangkat elektronik Anda.
  • Setelah melihat daftarnya, Anda bisa memutuskan bloatware apa saja yang sekiranya akan dihapus.
  • Apabila telah yakin ingin menghapus aplikasi yang telah dipilih sebelumnya, Anda harus kembali ke tampilan awal menu pengaturan.
  • Pilih fitur “Manajemen Aplikasi”. Seringkali setiap ponsel memberikan nama yang berbeda untuk fitur ini. Jika tidak ada “Manajemen Aplikasi”, Anda bisa membuka fitur “Aplikasi dan Pemberitahuan” yang ada pada menu pengaturan yang telah dibuka.
  • Lalu, disana akan terdapat beberapa aplikasi bawaan. Ketuk pada aplikasi yang ingin dihapus.
  • Anda akan dihadapkan oleh dua opsi, yaitu Uninstall serta Force Stop.
  • Kolom Uninstall ditujukan untuk menghapus aplikasi, sedangkan Force Stop berfungsi untuk mematikan aplikasi sementara waktu, tetapi tetap terpasang dalam ponsel Anda. Pilih sesuai dengan yang Anda kehendaki.

Memanfaatkan Google Play Store

Alternatif kedua terkait cara untuk melenyapkan aplikasi bawaan pada android yakni dengan memanfaatkan eksistensi Google Play Store. Seperti diketahui, Google Play Store merupakan tempat untuk mengunduh aplikasi pada android. Tidak hanya mengunduh, mencopot pemasangan aplikasi pun bisa. Rincian caranya, yaitu:

  • Karena menggunakan Google Play Store, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi ini.
  • Setelah itu, tuliskan pada kolom search terkait aplikasi yang akan dihapus.
  • Apabila pencarian berhasil dan aplikasi yang dimaksud telah muncul, klik pada bagian ikon aplikasi yang ada di dalam Google Play Store.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan pencopotan pemasangan aplikasi melalui kolom ‘Uninstall’.

Aplikasi Bawaan yang Tidak Boleh Dihapus

Aplikasi Bawaan yang Tidak Boleh Dihapus
Aplikasi Bawaan yang Tidak Boleh Dihapus

Meskipun Anda telah mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan, Anda tidak bisa menerapkannya untuk semua aplikasi bawaan yang ada dalam android. Dengan kata lain, terdapat beberapa aplikasi bawaan yang memang keberadaannya sangat krusial, sehingga tidak boleh dihilangkan. Aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak boleh dihapus dalam android antara lain:

1. Contact

Melalui menu kontak, Anda bisa melihat daftar nomor telepon yang Anda simpan. Mulai dari keluarga, sahabat, hingga kolega. Karena perannya yang sedemikian rupa, aplikasi bawaan yang satu ini tidak boleh dihapus dari android. Bayangkan, tidak adanya contact, maka Anda tidak bisa melihat daftar nomor ponsel yang disimpan dalam perangkat.

2. Phone

Selanjutnya, phone juga tidak bisa dihapus. Sebab, keberadaannya membuat ponsel bisa melakukan panggilan dengan telepon lain. Meskipun saat ini telah banyak yang memanfaatkan social media untuk memanggil orang lain melalui ponsel, tetapi phone tetaplah tidak bisa dihapus keberadaannya.

3. Call Setting

Sejalan dengan namanya, call setting berisi mengenai pengaturan panggilan, seperti panggilan masuk, keluar, missed call, juga waiting call. Ketika aplikasi bawaan yang satu ini, Anda tidak bisa melakukan hal-hal tersebut.

Pada dasarnya, cara menghapus aplikasi bawaan tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu memilih opsi yang menurut Anda paling mudah, tanpa perlu berbelit-belit. Hanya dengan sekali pengeklikan kolom “Uninstall”, aplikasi yang ingin dihapus menjadi hilang dari perangkat Anda. Ruang penyimpanan yang tersedia pun menjadi semakin luas. Penggunaan baterai juga menjadi lebih hemat. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua aplikasi bawaan pada android bisa dihapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *