Ampuh! Begini Cara Mengatasi WhatsApp Error


2 min read

Ampuh! Begini Cara Mengatasi WhatsApp error

AKTIVASI.ID – Cara mengatasi WhatsApp Error pastinya sangat ingin Anda ketahui, apalagi aplikasi tersebut sangat penting untuk berkomunikasi. Aplikasi WhatsApp bisa error kapan saja, apalagi karena terkena pending dan menjadikan pesan yang Anda kirim menjadi tidak terkirim. Nah, bagaimana cara terbaiknya? Berikut adalah informasi lengkapnya.

Mengapa Anda Harus Mengetahui Cara Mengatasi WhatsApp Error?

WhatsApp bisa error karena beberapa masalah, yakni ketiadaan koneksi internet, terlalu banyak cache di WhatsApp, dan ada sejumlah aplikasi yang dapat menjadi penyebab. Tidak sedikit pula yang mengeluh bahwa WhatsApp akan error setelah update.

Error yang terjadi tentu saja akan membuat Anda merasa semakin tidak nyaman, bukan? Bukannya mendapatkan layanan atau kualitas yang lebih baik, Anda menjadi tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi. Penyebabnya yang paling utama adalah ruang penyimpanan tidak lagi cukup untuk membuatnya dapat berjalan, seperti biasanya.

Tidak hanya itu saja karena WhatsApp bisa error dan tidak bisa lagi mengirim pesan. Banyak orang yang akan mengeluh karena prosesnya menjadi lambat dan terhambat.

Beberapa Cara Mengatasi WhatsApp Error

Cara mengatasi WhatsApp error memang terbagi menjadi beberapa pilihan, tergantung pada masalah yang Anda alami. Anda bisa menyesuaikan solusi dengan penyebabnya mengapa bisa error, sehingga berikut adalah cara yang paling direkomendasikan.

  1. Periksa Jaringan Internet

Cara pertama adalah Anda harus mengecek terlebih dahulu bahwa koneksi internet masih dalam keadaan aktif. Pastikan pula bahwa Anda sudah memiliki jaringan internet bagus untuk mencegah pesan tidak diterima alias ter-pending.

Kalau begitu, Anda bisa melakukan beberapa metode untuk memastikan bahwa jaringan internet tetap stabil di ponsel. Misalnya saja dengan mengunci 4G LTE dengan mendapatkan kecepatan internet kualitas tinggi dan tentunya stabil.

Caranya mudah karena Anda hanya tinggal mengaturnya di menu Setting, kemudian pilih opsi Connection. Setelah itu, langsung kunjungi Mobile Networks dengan Network Mode untuk LTE only agar memastikan jaringan Anda tetap di 4G LTE saja.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara mengatasi WhatsApp error yang selanjutnya adalah dengan cara mengaktifkan, serta memastikan kembali mode pesawat alias Airplane Mode di HP android. Dengan melakukan hal tersebut, dampaknya adalah me-restart segala jaringan yang terhubung dengan smartphone.

Anda bisa mencoba cara tersebut secara berulang kali, hingga akhirnya benar-benar berhasil memperoleh jaringan dan WhatsApp yang error bisa menjadi pulih kembali. Karena dengan melakukan hal tersebut, biasanya jaringan internet dapat kembali masuk dan Anda dapat mengakses internet selama beberapa saat.

  1. Pakai Aplikasi VPN
Pakai Aplikasi VPN
Pakai Aplikasi VPN

Akses WhatsApp yang sedang error memang menjadi kesulitan terbesar dan menyulitkan saat Anda menggunakan aplikasi ini. Misalnya saja dengan pesan pending atau bahkan Anda tidak dapat membuka, hingga mengirim gambar.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda supaya menggunakan aplikasi VPN yang tersedia pada ponsel. Misalnya, Turbo VPN, Samsung Galaxy dengan Samsung Max, dan juga Tunnelbear. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Anda hanya perlu menginstal aplikasi VPN, kemudian menghubungkannya dengan jaringan internet di negara lain.

  1. Cek Penghemat Daya Android

Pada smartphone android yang Anda punya, memang ada banyak sekali fitur yang berguna bagi penggunanya. Salah satunya adalah fitur penghemat daya yang otomatis bisa diaktifkan saat ponsel Anda kehabisan daya.

Namun, aplikasi ini hanya akan menjadikan beberapa notifikasi pesan menjadi ke-pending alias sulit untuk masuk, lho. Hal tersebut memang terjadi supaya baterai android menjadi lebih hemat.

Jadi, cara mengatasi WhatsApp error dengan penghemat daya adalah Anda harus masuk terlebih dahulu ke bagian Setting, kemudian ke Battery dan Battery Server. Jangan lupa untuk memastikan toggle yang aktif.

  1. Uninstall Aplikasi Pembersih RAM
Uninstall Aplikasi Pembersih RAM
Uninstall Aplikasi Pembersih RAM

Tidak jarang bahwa kebanyakan pengguna akan mengunduh aplikasi pembersih RAM agar kecepatan smartphone tetap terjaga. Bisa jadi, ini juga menjadi masalah atau penyebab mengapa WhatsApp menjadi error dan pending pada saat digunakan.

Aplikasi pembersih RAM nyatanya punya kemampuan untuk membersihkan aplikasi android yang berjalan di latar belakang alias background. Karena WhatsApp bisa berjalan di latar belakang untuk menerima pesan, bisa jadi aplikasi RAM akan bertindak secara sengaja untuk menutupnya.

Salah satu cara mengatasi WhatsApp error adalah dengan melakukan uninstall aplikasi pembersih RAM di handphone jika sudah dirasa mengganggu. Dengan demikian, aplikasi WhatsApp bisa menerima kembali pesan yang masuk dengan normal.

6. Bersihkan Cache Aplikasi

Bersihkan Cache Aplikasi
Bersihkan Cache Aplikasi

Selain membersihkan cache, Anda juga bisa membersihkan data aplikasi WhatsApp. Namun, Anda harus melakukan proses back up pesan WhatsApp terlebih dahulu. Jika tidak mengetahui atau memahami caranya, Anda bisa mengunjungi menu Settings, kemudian ke Apps & Notification. Setelahnya, pilih bagian WhatsApp Storage dan hapus data.

7. Hapus dan Instal Ulang WhatsApp.

Cara terakhir adalah Anda harus melakukan update aplikasi. Hal ini dilakukan karena aplikasi chatting yang Anda gunakan sudah ketinggalan versi terbaru.

Jika proses update masih gagal, Anda bisa menghapus aplikasi WhatsApp dan mengunduhnya ulang melalui Play Store. Dengan melakukannya, Anda bisa mengatasi WhatsApp yang error atau membuatnya menjadi lebih ringan saat dipakai. Itu dia beberapa cara mengatasi WhatsApp error yang mengalami pending. Tidak perlu mencemaskannya secara berlebih jika solusi di atas tidak dapat membantu sebab server WhatsApp Anda bisa saja sedang mengalami down dan Anda harus menunggu sampai aplikasi bisa pulih kembali untuk membantu pengguna dalam berkomunikasi.